Thursday, June 5, 2014

Apakah sikap ragu-ragu itu ada manfaatnya?

Ketika kita sedang berlatih aikido maka kita juga belajar tentang kehidupan. Sebagai contoh, ketika seseorang memegang pergelangan tangan saya terlalu keras, saya marah tetapi tidak berkata apa-apa, malahan saya akhirnya belajar bahwa akan menjadi lebih berguna jika saya memintanya untuk tidak memegang tangan saya dengan begitu keras. Saya juga mencatat bahwa sangat sulit bagi saya untuk meminta apa yang saya inginkan di dalam hidup saya, saya menderita sia-sia karenanya, dan bahwa saya menyalahkan orang lain dan membenarkan kesalahan saya daripada mengambil suatu tindakan. Banyak sekali pelajaran...

Saya senang berenang dan saya mencatat sesuatu yang mirip seperti aikido, yaitu "Ada banyak pelajaran di kolam renang." Setiap hari tampaknya saya telah belajar petualangan lain.

Contoh lainnya, beberapa perenang dengan mudah dan tenangnya memotong air; sementara yang lainnya masih memercikkan air. Beberapa orang berenang lurus dan tetap di jalur mereka sendiri, sementara yang lain memukul dan menerjang, tanpa menyadari ada orang lain di sekitarnya. Sama halnya dalam aikido, dengan beberapa mitra maka kerjasama menjadi mudah. Kita seolah-olah seperti menari, kita tahu kapan waktu bergerak sehingga semua mengalir dengan mudah dengan satu sama lain. Jika bersama dengan orang yang berantakan, maka kita akan menginjak kaki satu sama lain sepanjang waktu. Pernahkah merasakan situasi seperti ini? Di kolam renang, seperti halnya dalam aikido, saya menemukan fakta bahwa situasi atau kemudahan tergantung pada sikap dan tindakan saya.

Pelajaran #1: Saya diberikan banyak banyak mitra tari dalam hidup. Apakah tarian ini mudah atau sulit dipengaruhi setidaknya sebagian besar oleh saya.

Yang membawa saya ke pelajaran #2. Salah satu "mitra sulit" tampaknya ingin berenang dengan saya. Aku tidak tahu mengapa. Bahkan ketika ada jalur kosong, dia tertambat di tambang. Dia berenang lebih lambat daripada saya, jadi saya harus menunggu dia atau balik kembali. Gaya renangnya terlalu banyak percikan dan tidak menentu, lengannya berayun ke samping dan kadang-kadang tidak sengaja memukul saya. Ketika saya melihat dia datang saya berpikir, 'Oh tidak, silahkan memilih jalur lain'. Tapi dia tidak.

Suatu pagi saya datang ke kolam renang terlambat dan pria ini sudah kolam. Ada jalur terbuka di sebelah nya, dan aku duduk di tepi dan melakukan pemanasan saya ketika ia datang untuk udara. Dia memandang dan memberi isyarat kepada saya bahwa ia mendapatkan keluar dan aku bisa memiliki jalan-Nya. Saya berterima kasih kepadanya tetapi tinggal di mana aku berada. Aku punya lane. Dia menjelaskan bahwa ia benar-benar menyukai jalan-Nya karena ada tidak ada jet yang memancar air ke dalam kolam. Jet sangat kuat dan mengganggunya. Jalur dalam jalur aku biasanya berenang di tidak memiliki mereka. AHA! Aku berkata kepada diriku sendiri. Dia tidak mendapatkan ke jalur saya hanya untuk mengganggu saya. Dia tidak suka jalur lain. Dan sekarang dia berusaha memberi saya jalur "baik". Apa orang yang baik!

Pelajaran #2: Hal ini tidak selalu tentang saya.

Manfaat dari keraguan.

Ketiga pelajaran dari kolam adalah bahwa orang-orang mengejutkan saya jika aku membiarkan mereka. Baru-baru ini aku masuk ke hot tub ("banyak pelajaran di hot tub") untuk bersantai setelah berenang saya. Ada seorang pria di sana swishing kakinya bolak benar-benar keras, berputar air ke dalam gelombang. Aku memejamkan mata dan bersandar tepi bak dan mencoba Mellow. Mustahil. Aku membuka mata saya dan melihat dia, berharap dia akan melihat bahwa dia yang mengganggu saya. Tidak menyadari. Saya menutup mata lagi. Semakin buruk. Aku hampir tenggelam dalam air panas berputar. Aku membuka mata saya dan melihat lagi. Tidak menyadari. Saya menghela napas terbahak-bahak. Nope.

Oke, saatnya untuk keluar dari bak mandi atau mengatakan sesuatu. Aku ingat bahwa keingintahuan biasanya bekerja lebih baik daripada tuduhan, dan saya bertanya, "Apakah itu sebuah latihan yang Anda lakukan?" Dia melihat saya dan tersenyum-senyum benar-benar baik- dan berkata bahwa ya, itu adalah latihan yang direkomendasikan oleh dokter. Ia digunakan untuk joging, joging yang dicintai, tapi lututnya tidak lagi dapat mendukung kegiatan itu. Pada kenyataannya, berlutut hampir tidak dapat mendukung berjalan, dan renang adalah salah satu dari beberapa hal yang membantu; gerakan swooshing diperkuat ligamen. Dia melanjutkan untuk berbicara tentang jogging, berenang, kekecewaan dan usahanya untuk menghidupkan kembali lututnya dan tetap bugar. Apa seorang bagus, saya pikir.

Pelajaran #3: Orang biasanya memiliki niat yang positif. Memberi mereka keuntungan dari keraguan.

Manfaat dari keraguan: apa artinya? Apa ragu? Yah, karena saya berenang up dan kembali dan bangun dan kembali saya pikir itu harus berarti memberikan orang lain manfaat yang berasal dari meragukan saya praduga tentang motivasi mereka. Apakah dia benar-benar mendapatkan di jalur saya hanya untuk mengganggu saya? Mungkin tidak. Yang ia bergolak air untuk mencegah orang lain? Saya pikir saya akan ragu asumsi tersebut dan melihat apa yang terjadi.

Biasanya apa yang terjadi adalah bahwa saya menemukan orang yang benar-benar baik di balik kabut asumsi saya dan benar-benar menyenangkan berenang.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer