Wednesday, May 21, 2014

Mencari cinta sejati

Bagaimana Anda tahu jika Anda pernah jatuh cinta? Banyak orang akan berpendapat bahwa meskipun jatuh cinta itu tidak nyata, tetapi benar-benar tidak ada keraguan dalam pikiran mereka bahwa jatuh cinta itu ada. Pada kenyataannya, jika Anda mempertanyakan apakah Anda sedang jatuh cinta atau tidak, maka Anda jelas akan menjawab tidak.

Meskipun saya tidak meragukan keberadaan jatuh cinta (walaupun saya menjadi salah satu dari banyak orang yang merasa sedih mengalami hal itu), saya masih agak bingung dengan persepsi kita tentang apa itu jatuh cinta meskipun saya sudah pernah mengalaminya.

Bagi saya, jatuh cinta dengan seseorang adalah sebuah keputusan yang sukses dibuat berdasarkan kecocokan kriteria atau preferensi yang telah ditetapkan.

Saya merujuk tahap awal pemilihan pasangan sebagai tahap 'penyaringan mata', dimana mata akan menyaring atribut-atribut pasangan potensial kita dan mencocokkannya dengan preferensi unik kita sendiri.

Pada malam tahun baru 15 tahun yang lalu, saya pergi untuk bertemu teman-teman di sebuah mal di mana kita akan merayakan malam tahun baru. Di sana, menunggu di depan pintu dengan teman saya, saya melihat untuk pertama kalinya. Saya melakukan scan 'penyaringan mata' secara cepat:

Tinggi: Sekitar 188cm. Cocok!
Tubuh: Tidak terlalu kurus, tidak terlalu gemuk, Cocok!
Rambut: Hitam pendek. Cocok!
Kulit: Coklat. Cocok!
Bibir: Normal. Cocok!
Senyum: Wow. Cocok!
Mata: Besar, coklat, ekspresif, dengan bulu mata panjang tebal. Cocok!
Sikap: Lembut, tidak sombong. Cocok!

Dengan mata penyaring masih kokoh ditanam di wajahku, ia telah mendapat konfirmasi untuk diizinkan  pindah ke bagian kedua dari tahap satu: interaksi.

Hal ini sering menjadi bagian yang paling fatal dari setiap hubungan, karena setiap kalimat yang diucapkan, setiap tampilan yang diberikan, dan setiap gerakan diletakkan dalam 'penyaringan mata'. Ketidakcocokan sedikit saja bisa mengakibatkan kematian hubungan secara singkat. Sangat sedikit yang bisa diampuni dalam bagian ini, terutama jika salah satu program diletakkan dalam 'pasangan sehidup semati'. Ini merupakan bagian proses favorit saya yang paling menyenangkan. Saya melihatnya sebagai permainan yang kita berdua apa yang kita mainkan, tapi menolak mengakuinya ada. Seseorang dapat menarik diri dari permainan di kapanpun tanpa tolakan (tentu saja, kedua belah pihak bekerja di bawah serangkaian aturan yang sama. Beberapa nomor telepon yang tidak diinginkan dikumpulkan, diikuti oleh beberapa percakapan yang canggung. Dan tergantung pada bagaimana kelemahan pasangan - Kencan yang tidak diinginkan diikuti dengan ciuman yang tidak diinginkan, mungkin berakhir dalam hubungan yang tidak diinginkan!).

Tahap kedua, fase 'kacamata merah', sangat berbahaya dan tidak selalu didekati dengan hati-hati oleh masing-masing calon. Tergantung dari dampak tahap satu, bom peringatan 'hubungan azab' bisa turun tepat di depan mata orang-orang, namun tetap tak terlihat. Segalanya muncul, tanpa kecuali, benar-benar bisa diterapkan. Kendati saya sinis, tahap ini lebih menarik dibandingkan tahapsebelumnya , meskipun  dicampur rasa takut semua akan berakhir. Perkataan dini 'aku mencintaimu' bisa lepas yang mulut, jatuh seperti bola ke meja rolet. Patokannya tinggi, tetapi hadiahnya sepadan dan anda bisa lulus ke tahap tiga.

Menyatakan tahap tiga itu sulit. Dan kenyataannya adalah, saya tidak tahu harus menyebutnya apa karena saya biasanya membuat tanda jalan keluar sebelum Anda mengatakan 'nikahi saya'.

Pengalaman saya dengan tahap ketiga adalah menyadari bahwa Mr sempurna adalah manusia juga. Saya menolak menerima dia apa adanya, tetapi mencoba untuk menunjukkan di mana kekurangan dia (dia biasanya tidak begitu terbuka terhadap kritik konstruktif saya. Saya heran mengapa?). Hal ini tentu tidak menyebabkan dia untuk mengubah jalan-nya, dan bersiteguh dengan sikapnya (dan membenci saya dalam proses). Cinta dan komitmen akan bertukar dengan ketakutan dan ketergantungan. Beberapa tinggal untuk bertempur sampai akhir, tetapi kebanyakan memasang kepala lurus menuju cahaya keluar.

Orang-orang saat ini mengklaim bahwa mereka telah 'jatuh cinta'. Argumen saya adalah bahwa mereka tidak pernah jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satu film favorit saya, 'Moulin Rouge', salah satu kutipan melodi menyatakan, "hal terbesar yang Anda akan anda pelajari selamanya adalah hanya untuk mencintai dan dicintai kembali". Saya percaya ini adalah apa yang kita pikirkan tentang jatuh cinta. Namun dicintai kembali menyiratkan bahwa ada suatu kondisi untuk memberikan cinta. Jadi cinta romantis adalah cinta bersyarat. Jika cinta romantis hanya berjalan satu arah, itu disebut cinta tak berbalas atau bahkan 'putus asa'.

Bagaimana jika saya katakan bahwa cinta sejati hanya bisa terjadi tanpa syarat? Dan dalam itu, cinta sejati hanya bisa berarti 100% penerimaan subjek, persis seperti mereka apa adanya. Bagaimana jika cinta, cinta sejati, hanya mencintai saja?

No comments:

Post a Comment

Entri Populer